Tuesday, July 3, 2018

Resep Tom Yam Enak





Bahan-bahan:
– Membuat Tom Yam udang yang lezat, Anda membutuhkan bahan-bahan yang banyak dan cukup kompleks. Dari sekian bahan yang ada, siapkanlah satu liter kaldu ayam, kaldu ayam bisa dibuat dengan cara merebus daging ayam dengan berbagai rempah-rempah alami.
– Siapkan lima gram daun jeruk
– Siapkan dua gram bawang putih yang telah diiris tipis memanjang
– Siapkan bawang merah dan iris
– Siapkan 5 cm lengkuas yang telah diiris tipis
– Siapkan empat batang serai yang telah dikeprek dan diiris tipis sepanjang 2 cm
– Siapkan 12-15 ekor udang galah segar
– Siapkan 100 gram jamur kancing yang telah dibelah dua
– Siapkan delapan buah cabai rawit hijau yang telah dikeprek
– Siapkan dua sendok makan sambal merah
– Siapkan dua buah tomat yang telah dipotong menjadi empat bagian
– Siapkan secangkir santan
– Siapkan tiga sendok makan jeruk limau dan garam secukupnya
– Siapkan pula setengah sendok makan saus ikan dan daun ketumbar secukupnya

Cara Membuat Tom Yam

1. Langkah pertama untuk membuat Tom Yam adalah dengan mendidihkan kaldu ayam dan masukkan daun jeruk serta bawang putih, lengkuas, bawang merah, dan serai, masak semua bahan dengan api yang kecil selama 15 menit.
2. Masukkan udang, cabai rawit hijau, jamur, dan sambal dan masak selama 3 menit baru kemudian masukkan potongan tomat segar, santan sambil terus diaduk hingga semua bahan tercampur merata.
3. Bumbui Tom Yam dengan menambahkan garam, jus limau dan saus ikan secukupnya aduk kembali hingga semua tercampur merata dengan bumbu dan bumbu meresap pada kuah sup, biarakan selama beberapa menit baru matikan kompor
4. Hidangkan Tom Yam udang kedalam mangkuk berukuran sedang atau bahkan mangkuk berukuran besar dan hias dengan beberapa lembar daun ketumbar di bagian atasnya
Resep Tom Yam udang sangat lezat dan menyehatkan karena dibuat dari berbagai rempah alami dan bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Tom Yam udang yang lezat ini sangat mudah untuk dibuat, bukan? dan dari keseluruhan bahan utama dan bumbu-bumbu, semuanya dapat didapatkan dengan sangat mudah, entah itu di pasar tradisional maupun di supermarket.

Load disqus comments

0 comments