Monday, July 2, 2018

Resep Bika Ambon Klasik




Bahan yang dibutuhkan:
o Satu sendok makan ragi instan
o Enam puluh milliliter air hangat
o Satu sendok makan gula pasir
o Dan 1 sendok makan tepung terigu serbaguna
Adonan dasarnya:
o Dua butir kelapa yang diparut
o Dua puluh lembar daun jeruk
o Enam lembar daun pandan dan simpulkanlah
o Dua batang serang yang mana hanya diambil bagian putihnya saja, kemudian memarkan
o Setengah sendok teh garam
o Sepuluh kuning telur ayam
o Gula pasir secukupnya
o Dan 150 gram tepung kanji

Cara Membuat Bika Ambon

1. Untuk membuat adonan biangnya: Langkah pertama, larutkanlah ragi instan dengan air lalu masukkan gula secukupnya serta tepung terigu. Aduk hingga adonan biang menjadi rata, kemudian tunggu selama 15 menit dan sisihkan
2. Setelah adonan biangnya selesai dengan sempurna, lanjutkan dengan membuat adonan dasar: Awali dengan peras kelapa untuk diambil air santannya kurang lebih sebanyak 400 ml. Panaskan wajan/pan, masak air santan bersamaan dengan daun serai, daun pandan, daun jeruk serta garam, pastikan untuk memakai api yang sedang disaak memasak agar santan tidak gosong, tunggu selama beberapa saat sampai adonan menjadi kental, kemudian angkat dan saringlah.
3. Kocok kuning telur bersamaan dengan gula pasir sampai berbuih dan cukup kental. Setelah itu, masukkan tepung kanji dan santan yang mana sebelumnya telah dimasak serta masukkan adonan biang. Aduk hingga semua adonan menjadi rata dan tepuk-tepuk (mengaduk adonannya dengan menggunakan tangan). Tunggu selama 2-3 jam sampai adonan mengembang.
4. Selanjutnya, panaskan oven dan atur pada suhu 200°C, pasang pada posisi api di bagian bawah. Masukkan loyang ke dalam oven hingga loyang 100% panas kemudian tuangkan adonan bika ambon ke dalam loyang yang panas tersebut.
5. Panggan adonan bika ambon selama 40 menit dengan pengaturan, pintu oven yang sedikit terbuka sampai permukaan atas adonan berongga.
6. Lanjutkan memanggang dengan menggunakan api atas sampai permukaan kue berwarna sempurna, yakni kuning kecokelatan, kurang lebih selama 5-10 menit lamanya. Baru kemudian, keluarkan kue bika ambon dari dalam oven dan biarkan selama beberapa menit hingga menjadi lebih dingin.
7. Potong menjadi beberapa bagian dan sajikan
Load disqus comments

0 comments