Tuesday, July 3, 2018

Resep Membuat Tahu Sumedang Crispy



Bahan Yang Digunakan :
  • Kedelai 1 kg
  • Air secukupnya
  • Bibit tahu secukupnya
  • Cuka encer Secukupnya
Alat Yang Digunakan :
  • Mesin Penggiling Kedelai
Cara Membuat Tahu Sumedang Crispy :
  1. Untuk dapat membuat tahu sumedang, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan kedelai yang akan diolah menjadi tahu. Kedelai terlebih dahulu dibersikan, pisahkan antara kedelai yang berlubang dengan yang tidak. Setelah itu rendam dalam air yang cukup kurang lebih selama 10 jam untuk kedelai lokal dan 4 – 5 jam untuk kedelai import.
  2. Setelah direndam, cuci kembali 2 – 3 kali dan tiriskan hingga kesat. Langkah selanjutnya kedelai digiling menjadi bubur, dalam proses penggilingan agar hasilnya lebih baik anda dapat menambahkan air secukupnya.
  3. Jika semua bahan kedelai telah dihaluskan, langkah selanjutnya rebus dalam tungku hingga mendidih dan mengeluarkan busa. Busa yang muncul diatas bubur kedelai harus anda buang dan biarkan hingga bubur kedelai mendidih setelah itu angkat dengan kain kasa dan ampasnya kita bilas dengan air bersih.
  4. Peras ampas menggunakan saringan sebanyak mungkin sampai sari kedelai terambil dan kemudian sari kedelai tersebut kita gumpalkan dengan cara menambahkan cuka encer dengan perbandingan 1 : 5. Sisa perasan kita diamkan selama kurang lebih satu malam sambil terus diaduk secara perlahan.
  5. Setelah satu malam didiamkan maka perasan tersebut akan membentuk seperti gumpakan besar dan air yang mengendap didalam gumpalan tersebut anda buang sebanyak mungkin. Jika sudah, langkah selanjutnya anda tingga mencetak tahu kedalam cetakan dan memberi beban diatasnya selama 15 menit.
  6. Tahu sumedang siap dihidangkan.
Demikianlah bagaimana cara membuat tahu sumedang yang bisa anda ketahui. Untuk lebih jelasnya silahkan anda coba praktekkan sendiri dirumah. Selamat Mencoba.
Load disqus comments

0 comments